Auto Refrakto Keratometer (ARK)

Auto Refraktometer Keratometer (ARK)

Auto Refrakto Keratometer (ARK) merupakan alat elektronik yang mengolah data hail pemeriksaan secara digital dengan menggunakan komputer. Alat ini memiliki dua fungsi pemeriksaan sesuai dengan namanya yaitu refrakto dan keratometer.

Refractometer merupakan salah satu metode pengukuran kelainan refraksi (kelainan mata yang memerlukan bantuan penggunaan kacamata) secara obyektif, dengan kata lain tidak mengandalkan pasien secara penuh dalam proses perhitungannya. Informasi yang diperoleh dari pemeriksaan menggunakan refractometer berupa kekuatan lensa koreksi kelainan refraksi pasien. Kekuatan lensa ini bisa berupa lensa minus, lensa plus, maupun lensa silinder beserta keterangan axis lensanya.

Keratometer adalah salah satu alat pemeriksaan mata yang berguna untuk mengetahui kelengkungan kornea pasien secara detail karena mencangkup kekuatan refraksi dan axis pada kelengkungan kornea pada area tertentu. Informasi tersebut sangat penting dan diperlukan dalam fitting lensa kontak semi hard maupun hard, pemeriksaan dan evaluasi pasien sebelum dan sesudah operasi refraktif, penegakan diagnosa dan evaluasi pasien dengan kelainan kelengkungan kornea, serta masih banyak lagi.

Auto Refrakto Keratometer (ARK)

Salah satu proses pemeriksaan pasien di Klinik Mata Utama (KMU) adalah menggunakan alat yang bernama Auto Refrakto Keratometer (ARK). Alat ini berfungsi untuk mengukur kelengkungan kornea. Mengukur kekuatan refraksi kornea secara otomatis. Pengukuran ini diperuntukkan pemakaian kaca mata atau lensa kontak.

 

Prosedur pemeriksaan dengan ARK adalah sebagai berikut:

  1. Pasien duduk di kursi yang sudah disiapkan di depan alat ARK
  2. Pasien diminta meletakkan dagu dan menempatkan dahi di tempat yang sudah disediakan.
  3. Pasien diminta melihat ke depan dan menahan mata terbuka tanpa berkedip beberapa detik.
  4. Pemeriksaan selesai, otomatis hasil print out akan keluar dari alat.

 

Beberapa kelebihan dari Auto Refrakto Keratometer (ARK) adalah:

1. Menggabungkan pengukuran untuk diopter dan kelengkungan kornea
2. Teknik optik yang preseden, pengukuran konsisten dan akurat gambar;
3. Teknik yang paling canggih dari grafik edisi, membuat grafik diukur dengan cepat dan jelas.
4. Manusiawi desain fokus untuk membuat pegang fokus lebih cepat.
5. Optometri auto refraktor. unit ini diproduksi dengan menggunakan teknologi canggih dan bahan impor. terlihat baik dan sifat, aman dan dapat diandalkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.