Layanan

Klinik Mata Utama hadir sebagai Kataract  Center, dimana kami telah menangani lebih dari seribu kasus operasi katarak sejak tahun 2010. Ini merupakan suatu motivasi bagi kami untuk membantu pemerintah Indonesia dalam mengurangi angka kesakitan khususnya pada mata katarak.

“Singkirkan bayangan bedah katarak tempo dulu, dimana pasien masih harus pulang dengan mata tertutup dop. Dengan teknologi modern Fakoemulsifikasi (tanpa jahit), resiko komplikasi berkurang, pemulihan pun lebih cepat”

Katarak adalah kekeruhan pada lensa mata, yang menyebabkan penglihatan seseorang menjadi buram, bahkan sampai tidak melihat. Hal tersebut disebabkan karena cahaya yang masuk tidak dapat mencapai retina, akibat terhalang oleh lensa yang keruh.
Gejala terjadinya Katarak :

  1. Penglihatan buram atau berkabut, bahkan sampai tidak bisa melihat
  2. Peka terhadap sinar atau cahaya
  3. Sering ganti kacamata, karena ukurannya mudah berubah
  4. Pada keadaan terang, mata terasa silau
  5. Penglihatan diruang gelap lebih jelas dibandingkan di ruang terang.
  6. Kadang penglihatan pada suatu mata menjadi dua (ganda)

Seperti yang telah Anda ketahui, Katarak pada akhirnya akan menyerang setiap Lansia. Katarak sendiri sebenarnya adalah pengeruhan lensa mata yang sebagian besar disebabkan oleh proses degeneratif, walaupun pada akhir-akhir ini banyak ditemukan katarak pada pasien yang jauh lebih muda, dimana faktor penyebabnya antara lain adalah terpaan sinar UV dan gizi yang kurang seimbang.

Teknologi bedah katarak sendiri telah melalui beberapa fase evolusi sejak beberapa tahun belakangan ini. Kalau dahulu bedah katarak dengan teknologi yang disebut ECCE dan ICCE masih memerlukan sayatan lebar untuk mengeluarkan lensa secara utuh, sehingga pasien pun harus mendapatkan jahitan yang cukup banyak pada matanya yang mengakibatkan proses pemulihan matanya menjadi lama. Sementara dengan teknologi fakoemulsifikasi sayatan pada mata menjadi sangat kecil dan seringkali tidak memerlukan jahitan.

upload

Operasi katarak dengan menggunakan Phaco hanya menghabiskan waktu sekitar 30 menit, dan tidak perlu menjalani rawat inap / one day care. Pasien diwajibkan untuk datang kontrol sehari pasca operasi untuk menjalani perawatan lanjutan.

Ada beberapa hal yang wajib dilakukan pasien :

  1. Cuci tangan sebelum dan sesudah memegang mata
  2. Tidur sebaiknya terlentang, kalau capek miring ke arah mata yang sehat
  3. Tidak boleh terkena air/membasuh mata yang telah dioperasi setidaknya  selama 2 minggu
  4. Tidak boleh mengangkat beban maksimal 2 kg
  5. Tidak boleh sujud, membungkuk, dan menunduk berlebihan
  6. Disarankan menggunakan pelindung mata saat keluar dari rumah
  7. Tidak boleh batuk dan mengejan berlebih
  8. Disiplin dalam mengkonsumsi/meneteskan obat yang telah diresepkan  oleh dokter
  9. Makan dan minum yang bergizi (tidak boleh tarak) kecuali yang mempunyai Diabetes Militus (kencing manis), Darah Tinggi

 ”Kami memberikan pelayanan yang optimal bagi pasien“