Tanya Jawab

Terasa buram saat melihat atau mulai muncul noda putih pada lensa disertai ketidaknyamanan penglihatan saat beraktivitas, bisa jadi Anda terkena Katarak

Konsultasi berbagai macam keluhan mata dan memberikan Health Education (Edukasi Kesehatan) mengenai kesehatan mata.

klik-disini

 

 

Penyembuhan Usai Operasi

SAYA Budi, asal Bungah. Saya mau tanya beberapa hal menyangkut operasi katarak dengan menggunakan Phaco. Apakah benar hanya menghabiskan waktu sekitar 30 menit untuk operasi katarak dengan alat itu? Dan kabarnya untuk operasi katarak di Klinik Mata Utama tidak perlu menjalani rawat inap atau one day care? Dan apa yang tidak boleh dilakukan pasca operasi. Terimakasih jawabannya.

Budi, Bungah

Jawab:

Memang benar butuh waktu sekitar 30 menit saja untuk operasi katarak dengan alat itu. Dan operasi katarak di Klinik Mata Utama tidak perlu menjalani rawat inap atau cukup one day care. Usai melakukan operasi biasanya pasien diwajibkan untuk datang kontrol sehari pasca operasi untuk menjalani perawatan lanjutan. Sedangkan beberapa hal yang wajib dilakukan pasien usai operasi adalah tidak  boleh  terkena air atau membasuh mata yang telah dioperasi setidaknya selama 2 minggu. Lalu tidak boleh mengangkat benda yang berat dan sementara tak boleh sujud atau membungkuk dan menunduk berlebihan. Selain itu pasien juga dilarang menggaruk mata dan dianjurkan menggunakan pelindung mata saat keluar dari rumah. Hal lain yang harus dipatuhi adalah tidak boleh batuk dan mengejan berlebih, disiplin dalam mengkonsumsi/meneteskan obat yanng telah diresepkan oleh dokter dan mengkonsumsi makanan dan minuman yang menyehatkan.

Adakah Obat untuk Menyembuhkan Katarak?

UMUR saya 45 tahun, sejak 1 tahun yang lalu mata kiri saya kabur. Saya pernah berobat ke dokter mata dan diberitahukan ada penyakit kataraknya. Saya disarankan operasi, tapi saya masih pikir-pikir. Apa penyebab penyakit katarak saya? Apakah katarak bisa disembuhkan dengan obat ?

Tony, Gresik

Jawab:

Terima kasih sebelumnya atas pertanyaan Anda. Katarak adalah kekeruhan pada lensa mata yang umumnya terjadi pada usia lanjut. Katarak bisa disebabkan oleh 5 D, yaitu :

  1. Daylight: Paparan sinar matahari
  2. Diet: Makan yang tidak sehat
  3. Diabetes mellitus: Penyakit kencing
  4. Drug: Obat-obatan / jamu yang mengandung steroid
  5. Don’t know: Penyebab yang tidak diketahui

Untuk obat-obatan katarak biasanya berupa tetes mata, vitamin atau anti oksida yang hanya berfunfsi menghambat proses bertambah tebalnya katarak, tetapi tidak dapat mengurangi atau menghilangkan katarak. Saya sarankan Anda datang ke klinik kami dan mendapatkan pemeriksaan yang lebih lanjut. Terima kasih, semoga bermanfaat.