5 kelainan mata yang perlu diwaspadai pada anak

1. Kelainan refraktif
Kelainan refraktif atau ketidaknormalan bentuk mata mengakibatkan terjadinya kesalahan bias dan mengakibatkan penglihatan menjadi kabur. Misalnya seperti miopi (Rabun jauh), hipermetropi (Rabun dekat) dan astigmatisme (silinder). Gangguan ini bisa disebabkan faktor keturunan atau kebiasaan yang buruk. Salah satu Gejalanya adalah anak sering menyipitkan mata saat melihat objek jauh atau melihat televisi dari jarak dekat.

2. Ambliopia atau mata malas
Gangguan ini terjadi karena berbagai faktor yang mengakibatkan otak hanya memproses informasi visual dari salah satu mata yang dominan. Jika tidak ditangani, bisa menyebabkan anak kehilangan pengelihatan secara permanen. Waspadalah bila salah satu mata anak ‘mengembara’ dan tidak bergerak bersamaan dengan mata lainnya, memiringkan kepala saat melihat sesuatu atau kelopak matanya menurun.

3. Strabismus atau juling
Pada gangguan ini, mata tidak berada dalam posisi sejajar atau bahkan menyilang, namun biasanya satu mata akan tetap lurus. Bila tidak ditangani, strabismus bisa mengakibatkan ambliopia atau mata malas.
.
4. Katarak kongenital
Selama ini mungkin Anda mengira bahwa penyakit katarak hanya terjadi pada orang yang sudah berumur. Namun, ternyata bayi yang baru lahir juga bisa menderita katarak. Katarak yang terjadi sejak lahir disebut katarak kongenital.

Gejalanya mirip dengan katarak pada orang dewasa, yaitu lensa mata berwarna keruh yang tampak seperti ada noda keabu-abuan pada pupil mata bayi.
.
5. Retinoblastoma
Retinoblastoma adalah kanker mata paling sering terjadi pada anak-anak. Kanker ini berasal dari sel-sel retina yang masih muda atau disebut sebagai retinoblast. Meskipun kanker ini merupakan kelainan genetik, namun 95% pasien retinoblastoma tidak memiliki riwayat kanker pada keluarga.

Tanda yang paling sering muncul adalah cat’s eye reflex atau leukokoria, yaitu pupil mata yang balik memantulkan cahaya terang jika disenter cahaya.

#infoKMU#klinikmataKMU#eyecenter#eyeclinic#gresik#lamongan#bojonegoro#tuban#madura#bangkalan#surabaya#sidoarjo#ramadhan#ramadan2019