Agar Mata tak Kering Saat Beraktivitas

Mata kering adalah kondisi dimana seseorang matanya terasa kering dan gatal, tetapi ada juga yang berair berlebihan. Atau kurangnya aktivitas berkedip dari seseorang yang sering berhadapan dengan komputer, membaca buku, atau kegiatan apapun yang membutuhkan mata dengan intesitas tinggi.

Dokter Uyik Unari, SpM atau yang akrab disapa Dokter Uyik menjelaskan bahwa mata kering merupakan sebuah kondisi yang cukup menganggu bagi seseorang bila ia masih mempunyai kegiatan aktif. Bila dibiarkan, ini menimbulkan mata menjadi sakit akan menambah parah sakit mata yang diderita. Dan apabila mata diucek, itu akan menyebabkan iritasi dan juga resiko berbahaya.

“Biasanya, kita tidak sadar ketika mata dalam kondisi kering dan secara reflek, kita seringkali mengucek mata kita karena terasa sangat kering”, jelas ibu lima anak ini.

Tetapi tidak perlu khawatir yang berlebihan, karena sejatinya mata kering terjadi karena di dalam lapisan mata kita yang berjumlah tiga, salah satunya sedang mengalami proses produksi air mata yang terhenti, sehingga dua lapisan lain memproduksi air mata dalam jumlah berlebih.

Untuk pengobatan mata kering yang ringan, cukup ditetesi air mata buatan. Bila kondisinya agak parah, bisa sampai satu jam sekali ditetesi dengan tetes air mata buatan. Tetapi bila timbul iritasi, maka sebaiknya segera dibawa ke klinik mata atau dokter mata terdekat untuk segera ditangani secara intesif.

“Kelihatannya, penyakit mata kering ini sepele, tetapi tidak boleh diabaikan, karena bila iritasi, maka akan menganggu fungsi penglihatan kita”, tambahnya.

Langkah yang paling baik adalah dengan berkonsultasi ke dokter mata atau datang ke klinik mata terdekat agar bisa mendapatkan solusi untuk mencegah iritasi pada mata kering dan bisa segera diatasi. Untuk pencegahan dini, kita bisa mengatur pola kerja yang lebih banyak menggunakan mata. Termasuk saat kita berada di depan komputer, handphone, televisi, atau kegiatan apapun yang menyita perhatian mata. Pastikan mata kita tidak sampai kehilangan ritme untuk berkedip. Dan segera pejamkan mata untuk beberapa saat bila mata dirasa mulai lelah.