Agar Mata Tetap Sehat di Depan Komputer

Kesibukan di depan komputer bagi sebagian orang merupakan sebuah rutinitas, bisa karena pekerjaan atau hobi yang dimiliki, aktifitas ini bahkan tanpa disadari bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk menatap layar komputer. Padahal aktifitas salah satu organ tubuh kita yang berinteraksi langsung yaitu mata, akan berisiko terkena computer vision syndrome (CVS) yang ditandai dengan mata lelah, penglihatan kabur, dan mata kering hal ini bisa terjadi dalam jangka panjang bagi pelakunya.

Seperti dikutip dari everydayhealth memberikan saran untuk mengatur layar komputer 4-5 inci di bawah level mata, menggunakan bola lampu yang ber-watt rendah, mencoba untuk berkedip lebih sering, dan ambil istirahat 15 menit setelah dua jam menggunakan komputer. Selain itu juga disarankan untuk melihat kejauhan sejauh 20 kaki (6 meter) selama 20 detik.

Selain cara diatas, akan lebih baik jika jarak pandang mata dengan komputer tidak terlalu dekat, dimana jarak standar kisaran 50 – 100 cm, dengan begitu penglihatan tidak terasa panas dan pedih. Tips diatas juga bisa didukung dengan mengatur pencahayaan pada komputer dengan tidak menggunakan mode terlalu terang.

Menambah menu makanan yang sehat serta vitamin yang cukup serta olahraga yang teratur tidak kalah penting untuk menjaga kesehatan mata anda.

Demikian sedikit tips kesehatan “Agar Mata Tetap Sehat di Depan Komputer ” semoga bermanfaat dan berguna bagi pembaca KMU sekalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published.