apakah kondisi mata microphthalmia bisa dioperasi

Apakah Kondisi Mata Microphthalmia Bisa Dioperasi?

Microphthalmia adalah gangguan perkembangan saat kedua atau salah satu mata menjadi berukuran kecil. Selain berukuran kecil, biasanya mata memiliki anatomi (struktur) yang juga tidak normal. Penderita dapat mengalami kebutaan. Kondisi ini dapat berkolerasi dengan infeksi yang mungkin terjadi saat hamil. Virus herpes simpleks, cytomegalovirus (CMV), dan rubella dapat menjadi penyebabnya. Pada beberapa kasus, mikroftalmia terkait dengan sindrom alkohol pada janin (fetal alcohol syndrome). Mikroftalmia juga dapat disebabkan oleh kelainan kromosom.

Selain istilah Microphthalmia ada juga sebutan anophthalmia yaitu cacat bawaan, yang menyebabkan bayi tidak memiliki bola mata. anophthalmia merupakan sebuah kondisi langka pada bayi, terjadi pada 0.1 persen dari 50 ribu kelahiran. (vemale.com)

apakah kondisi mata microphthalmia bisa dioperasi

Apakah Kondisi Mata Microphthalmia Bisa Dioperasi?

Ada salah satu pertanyaan terkait kondisi kesehatan mata “kondisi mata saya 100% buta, dengan ukuran yang jauh lebih kecil dari mata sebelah kiri, apakah bisa dilakukan operasi?”

Dari pertanyaan diatas disimpulkan bahwa pasien menderita Microphthalmia “Untuk kondisi Microphthalmia, tergantung tujuannya, kalau dioperasi untuk tujuan ukuran mata menjadi normal, maka tidak bisa dilakukan tindakan operasi”, begitu jawaban langsung dari dokter Irma Suryani salah satu dokter spesialis mata Klinik Mata Utama (KMU).

“Tetapi kalau untuk tujuan kosmetik, misal akan dipasang prothesa (mata palsu), ada pasien yang memerlukan operasi untuk tujuan agar prothesa terpasang dengan tepat, menggunakan operasi socket namanya” imbuh dokter Irma Suryani menjelaskan dengan gamblang pertanyaan diatas.

Bagaimana sudah faham ya sahabat KMU, mengenai kondisi mata Microphthalmia. Semoga informasi “Apakah Kondisi Mata Microphthalmia Bisa Dioperasi?” bisa bermanfaat bagi pembaca KlinikMataUtama.com. Untuk pertanyaan lebih detail seputar kesehatan mata bisa datang konsultasi langsung melalui KMU terdekat di kota anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.