Asal Sudah Mengganggu Penglihatan Bisa Segera Operasi Katarak

Asal Sudah Mengganggu Penglihatan Bisa Segera Operasi Katarak

Sebelum umum dikenal dengan phacoemulsifikasi, penderita katarak baru dapat dioperasi ketika kondisi kataraknya sudah tebal atau bahasa lainnya matang. Dengan menggunakan metode phacoemulsifikasi semua penderita katarak sekarang bisa segera diatasi,  “Apabila dirasa sudah cukup mengganggu penglihatan atau menghambat aktifitas atau pekerjaan …” jelas dr Nuke Elina Mayasari, SpM salah satu dokter spesialis mata yang bertugas di Klinik Mata Utama yang juga memiliki sertifikasi Phacoemulsifikasi.

“Misal pekerjaan sopir, ada katarak tipis pasti sudah mengganggu penglihatan,penjahit dan lain lain ” imbuh dr Nuke alumni Fakultas Kedokteran Brawijaya ini. Seperti kita ketahui bersama bahwa banyak penderita katarak yang harus menunggu lama untuk bisa operasi dan mendapatkan penglihatan yang normal kembali karena katarak tipis

Tahukan anda bahwa penyembuhan penyakit katarak dengan teknologi phacoemulsifikasi merupakan operasi katarak tanpa jahitan atau operasi dengan sayatan yang sangat kecil di samping kornea mata menggunakan alat dengan getaran ultrasonik. Lensa yang keruh tersebut dihancurkan lalu disedot, untuk kemudian diganti dengan lensa tanam.

Salah satu kelebihan menggunaan teknik phacoemulsifikasi, kondisi mata pasien tidak mengeluarkan darah, berlangsung sangat cepat sekitar 10-15 menit dan pasien bisa langsung pulang, baru kembali satu hari setelahnya untuk kontrol.

Semua dokter spesialis Klinik Mata Utama sudah memiliki sertifikasi Phacoemulsifikasi, selain itu juga memiliki pengalaman yang mumpuni, hingga sekarang ada sekitar 700 mata yang dioperasi setiap bulannya. Selain itu KMU juga menjadi pusat training center yang sudah meluluskan 11 Dokter Mata.

 

Phaco Emulsification Bedah Mata Minim Sayatan

 

 

 

 

Ilustrasi : RSPR

Leave a Reply

Your email address will not be published.