Bumil Minus Tinggi Bisa Melahirkan Normal? Ada 5 Tips Terbaik Untuk Dilakukan

Banyak ibu hamil (Bumil) yang memiliki minus tinggi (High Myopia), terkadang resah dan ragu, karena takut tak bisa melahirkan dengan normal. Faktanya, hal ini bisa saja terjadi loh Sahabat KMU. Anda harus tahu terlebih dahulu, berbagai pertimbangan yang perlu diperhatikan oleh para bumil dengan minus tinggi ini.

Apakah mungkin jika bumil dengan mata minus ingin melahirkan secara normal?

Dokter Spesialis Mata KMU Gresik dr. Irma Suryani, SpM mengatakan, bumil dengan mata minus pun masih tetap dapat melakukan persalinan secara normal. Pasalnya, resiko robekan retina tidak berhubungan dengan aktivitas mengejan baik saat melahirkan maupun buang air besar (BAB).

Robekan retina dapat terjadi akibat benturan di kepala maupun di mata.wanita bemata minus dapat melahirkan secara normal asalkan sebelumnya kondisi retina telah melalui pemeriksaan terlebih dahulu.

Berdasarkan penelitian di Polandia tahun 1996 mengenai hubungan antara myopia tinggi dengan cara persalinan, ternyata tidak didapatkan hubungan bermakna antara robekan retina dengan cara melahirkan.

Penelitian lain di Rusia tahun 2003 dengan mengukur tekanan intraokular dan hemodinamik bola mata, didapatkan bahwa pada penderita myopia tinggi dapat melahirkan secara normal.
Memang ada perubahan refraksi pada kehamilan, seperti penelitian tahun 2002 oleh Pizzarello di USA. Akan tetapi pasca persalinan, keadaan akan membaik seperti sebelum hamil.

Melakukan cek mata selama kehamilan sangatlah penting. Khusus untuk bumil dengan mata minus, konsultasikan pengecekan mata lebih rutin lagi. Disarankan untuk memeriksakan kondisi retina ke ahli mata (opthalmologist) bagian retina, sebelum hamil atau sebelum melahirkan.

Dengan menggunakan alat khusus yaitu opthalmoscope, akan terlihat jelas, apakah ada robekan atau tidak, termasuk mengetahui letak daerah robekan tersebut.

Jika memang diketahui terdapat robekan, maka dapat dilakukan tindakan secepatnya.Bila tidak segera dilakukan tindakan dalam rentang waktu yang lama, ablasio retina dapat menyebabkan cacat penglihatan atau kebutaan yang menetap.

Salah satu cara untuk mencegah robekan retina, dapat dilakukan dengan teknologi laser pada retina yang tipis. Cara ini aman untuk bumil dan mudah dilakukan.

Disarankan jika ingin melakukan laser, sebaiknya jauh-jauh hari sebelum melahirkan untuk menghindarkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Ada beberapa tips dari Dokter Mata KMU Gresik, dr. Irma Suryani, SpM untuk bumil, bila memiliki minus tinggi. Perhatikan ya:

  1. Periksakan mata ke dokter spesialis mata khusus ahli retina setiap 6 bulan sekali.
  2. Khusus untuk bumil bermata minus, apalagi minus tinggi. Dianjurkan lebih sering memeriksakan mata untuk melihat apakah ada risiko robeknya retina pada saat persalinan nanti.
  3. Bila ada resiko robek retina, diskusikan pada dokter kandungan untuk mencari cara melahirkan apa yang terbaik.
  4. Periksa retina sebaiknya jangan mendekati waktu melahirkan agar tidak terjadi kontraksi atau hal lain yang dapat membahayakan kehamilan.
  5. Sebaiknya jangan melakukan pengobatan alternatif yang tidak jelas agar tidak terjadi hal-hal buruk.