Fakta Unik dan Menarik Tentang Mata

Mata merupakan anugerah Tuhan yang sejak lahir kita miliki, kita perlu bersyukur jika kita memiliki mata normal tanpa adanya cacat, karena dengan mata normal akan membuat kita dapat menikmati semua yang ada di alam misalnya pemandangan dan kita dapat melakukan aktivitas apapun dengan adanya mata. Oleh karena itu selain mensyukuri kita juga harus menjaga kesehatan mata supaya selalu sehat. Namun mungkin anda tidak mengetahui jika pada mata seseorang terdapat fakta unik dan menarik tentang mata. Apa sajakah fakta unik tersebut? Berikut ini diantaranya:

Bayi yang Buta Warna
Semua orang pasti pernah mengalami menjadi bayi dan dapat dipastikan semua orang tersebut juga pernah mengalami buta mata. Hal itu karena saat bayi baru lahir dia akan mengalami buta warna pada matanya, baru ketika bayi itu berkembang dia akan mengenal berbagai warna, misalnya saat umur satu tahun dia sudah dikenalkan dengan warna. Jika bayi tidak dikenalkan dengan berbagai warna, maka dia akan buta warna sampai dewasa. Fakta unik lainnya yang masih berkaitan dengan buta warna yaitu seorang laki laki ternyata memiliki resiko buta warna yang lebih besar daripada wanita, oleh karena itu seorang laki laki kadang susah untuk memakai pakaian dengan warna yang pas berbeda dengan wanita yang selalu memperhatikan warna pakaian yang dipakainya.

Kandungan Pada Air Mata
Mungkin pada umumnya banyak orang mengira bahwa pada air mata hanya terdapat kandungan air saja di dalamnya. Namun ternyata itu salah, ternyata di dalam air mata terdapat banyak kandungan lainnya. Kandungan utama pada air mata memang air, namun terdapat juga kandungan lemak serta lendiri di dalam air mata. Namun bukan itu saja, masih ada kandungan lain di air mata yaitu kandungan sel darah air dan enzim enzim yang mampu menghindarkan mata dari infeksi saat ada kotoran yang masuk ke mata anda. Kandungan tersebut akan bekerja sebagaimana mestinya.

Hubungan Hidung Dengan Mata
Fakta unik dan menarik tentang mata terakhir yaitu hubungan hidung dengan mata. Ternyata hidung memiliki hubungan dengan mata, hal itu dibuktikan jika mata kita mengeluarkan air mata atau menangis, maka hidung juga akan mengeluarkan air. Hal itu dikarenakan saat kita menangis, maka kelenjar yang berada di bawah alis akan memproduksi air sehingga mata kita akan mengeluarkan air mata. Namun tak hanya mata, hidung juga mengeluarkan air jika kita menangis. Itu karena air tersebut mengalir ke puncta yang letaknya merupakan pada pusat hidung manusia. Oleh karena itu air tersebut akan melewati saluran hidung dan keluar melalui hidung. Itulah sebabnya hidung memiliki hubungan dengan mata.