Hindari Aktifitas yang Mempercepat Penuaan Mata

Katarak merupakan penyakit yang sulit untuk dihindari, terlebih saat ini semakin banyak aktivitas yang menyita fungsi mata kita, contoh saat memegang handphone, menonton televisi, mengetik didepan komputer, dan sebagainya. Semua aktifitas itu mempercepat penuaan mata.

Dokter  Fitria menyarankan bahwa ada beberapa cara untuk bisa meminimalkan datangnya katarak di mata kita. Diantaranya adalah menjaga pola makan, berolahraga, dan tidak memaksakan diri bekerja dengan tingkat penglihatan tinggi.

“orang-orang zaman  dahulu, di usia tujuh puluh hingga delapan puluh, masih memiliki mata yang sehat, bagus, dan kataraknya belum tebal. Namu sekarang, rata-rata umur lima puluh ke atas, katarak seseorang  bisa sangat  tebal,” terangnya.

Baiknya kualitas mata seseorang adalah efek dari perawatan mata yang baik pula. Salah satu metode perawatan mata adalah menjaga objek penglihatan agar  tidak terlalu dekat, menjaga  kandungan makanan  yang dimakan, serta istirahat yang cukup. Sebab semua itu akan berakibat  bertahannya kondisi baik pada mata yang dimiliki oleh seseorang.

Dengan kondisi  lingkungan tempat tinggal diperkotaan di mana tuntutan kerjaan dikantor  delapan hingga sepuluh jam, sulit sekali kita menjaga kebiasaan baik untuk mata. Salah satu cara alami untukmenjaga kesehatan mata, diantaranya dengan minum jus wortel, memakai masker mata dengan bahan buah labu, dan mengkonsumsi madu alami.

Segala usaha untuk meminimalkan terjadinya katarak tetap harus diikuti dengan bekonsultasi dengan dokter mata secara rutin. Dengan begitu, perkembangan kondisi kesehatan mata  dapat diketahui.