Hindari Resiko dari Penggunaan Softlens

Softlens ditempatkan di kornea mata yang berguna membantu penglihatan seseorang yang memiliki mata minus tanpa menggunakan kacamata. Hal tersebut disadari oleh banyak pihak bahwa keberadaan softlens cukup membantu seseorang untuk tidak terpaku pada penggunaan kacamata yang mungkin menurut sebagian orang hal tersebut cukup megganggu terlebih penggunaan kacamata sangat menentukan penampilan dalam bersosial maupun karir. Hal demikian juga dirasakan oleh sebagian besar wanita bahwa mereka cenderung pada penampilan fisik terutama yang bertujuan untuk manarik perhatian dalam berinteraksi. Salah satu usaha kebanyakan wanita modern yang dilakukan saat ini adalah mempercantik pada bagian mata.

Mata merupakan daya tarik tersendiri untuk berhubungan dengan orang lain. Indahnya mata sangat menentukan popularitas bahkan tingkat kepercayaan diri seorang wanita hingga rela untuk mengubah tampilan dengan memasang kontak lensa pada mata. Selain itu, softlens juga tersedia dengan beraneka acam warna yang semakin memperindah bola mata pengguna. Akan tetapi, banyak juga para pemakai yang tidak peduli akan efek buruk dari penggunaan softlens.

Bagi para pengguna kontak lensa, sangat di sarankan untuk lebih selektif dalam memilih dan membeli softlens karena ada yang aman digunakan untuk mata, namun ada juga yang beresiko karena tidak cocok bahkan dapat merusak mata. Untuk itu dari artikel ini Klinik Mata Utama berusaha untuk mencoba mengulas sedikit mengenai bahaya dari penggunaan softlens itu sendiri yang dapat menimbulkan efek negatif pada mata apabila jika terus dilakukan serta solusi untuk mencegah bahaya tersebut.

Menurut keterangan yang disampaikan oleh salah satu dokter spesialis mata di Klinik Mata Utama Gresik yaitu dr. Neni Daniati, SpM bahwa penggunaan softlens sangat beresiko terhadap kesehatan mata terlebih jika penggunaan softlens yang terlalu sering akan merusak pada bagian kornea mata, apalagi jika malas dalam membersihkan softlens atau tidur dengan menggunakan softlens yang masih terpasang dapat meningkatkan resiko adanya infeksi pada mata. Tidak menutup kemungkinan bahwa akan terjadi iritasi pada mata yang dikarenakan beberapa hal seperti terkena debu dan pemakaian lensa kontak yang tidak sesuai dengan mata kita. Infeksi juga bisa terjadi pada mata karena bakteri, virus maupun jamur yang tumbuh di softlens yang dapat membuat alergi pada mata. Idealnya ketika menggunakan softlens diperbolehkan bagi seseorang dengan penderita minus diatas 6,00 karena resiko yang ditimbulkan tidak sebanyak orang yang menggunakan softlens dibawah minus 6,00. Maka dari itu perlunya memperhatikan hal terkecil yang biasa dilakukan, karena tanpa disadari dapat menimbulkan efek yang berbahaya akibat penggunaan lensa yang ceroboh sehingga dapat merusak mata yang merupakan Jendela Dunia.

Article by: Klinik Mata Utama Gresik