Katarak? Tak Sampai 30 Menit Tuntas

Usia 50-60 tahun adalah usia rata-rata orang kali pertama mendapatkan katarak. Ini sama dengan anda tidak mungkin menemukan orang berusia 80 tahun tanpa rambut putih. Katarak merupakan penyakit mata yang ditandai dengan adanya kabut pada lensa mata. Lensa mata normal transparan dan mengandung banyak air, sehingga cahaya dapat menembusnya dengan mudah. Walaupun sel-sel baru pada lensa akan selalu terbentuk, banyak faktor yang dapat menyebabkan daerah didalam lensa menjadi buram, keras dan pejal. Lensa yang tidak bening itu tidak akan bisa meneruskan cahaya ke retina untuk diproses dan dikirim melalui saraf optik ke otak.

Pada malam hari penglihatan penderita katarak akan terganggu, dan tidak bisa menahan silau sinar matahari atau sinar lampu.

Selanjutnya penderita akan melihat selaput seperti awan di depan penglihatannya. Awan yang menutupi lensa mata tersebut akhirnya semakin merapat dan menutup seluruh bagian mata. Bila sudah sampai tahap ini, penderita akan kehilangan penglihatannya.

Solusi untuk menyembuhkan penyakit katarak secara medis umumnya dengan jalan operasi. Lensa yang keruh dimata diangkat dan diganti lensa buatan (lensa intraokuler). Tak perlu takut, karena saat ini telah terdapat  banyak rumah sakit atau klinik mata yang dapat mengakomodir hal tersebut.

Termasuk klinik mata utama yang tak hanya menyediakan pelayanan prima dan tenaga ahli profesional saja, klinik mata pertama dan satu-satu nya di Gresik ini juga dilengkapi berbagai alat canggih yang sangat meminimalisir waktu operasi. Bahkan tak sampai 30 menit untuk 1 orang pasien.