Mata Berair Terus Menerus? Bisa Jadi Mata Lelah, Berikut 6 Cara Penanganannya

Sebagian besar orang jarang menyadari bahwa mata mereka sedang mengalami kelelahan. Padahal, bila dibiarkan, akan sangat menganggu aktivitas sehari-hari. Bahkan bisa menimbulkan penyakit baru, seperti iritasi, infeksi dan lain sebagainya.

Tapi jangan khawatir dulu ya Sahabat KMU, Dokter Spesialis KMU Gresik, dr. Irma Suryani, SpM menyebutkan, ada beberapa gejala yang menunjukkan bahwa mata kalian sedang lelah. Jadi, Sahabat KMU bisa mengenali, Anda sedang mengalami mata lelah atau tidak.

Berikut 4 gejala yang akan dirasakan, bila mata sedang lelah.

1. Mata terasa pedih, nyeri dan gatal.
2. Pandangan menjadi kabur dan terasa kering.
3. Mata kering dan berair.
4. Mata menjadi sensitif terhadap cahaya.

Ternyata, ketika mata lelah, gejalanya tak hanya di area mata loh Sahabat KMU. Gejalanya, bisa menyebar pada bagian tubuh yang lain. Seperti, nyeri pada leher, punggung, sakit kepala dan nyeri pada bahu.

Sebenarnya, ada cara untuk mencegah terjadinya mata lelah.
Bagaimana pun, mencegah lebih baik dari pada mengobati dong.

Sahabat KMU bisa mencegah mata lelah dengan 4 cara ini:

  • Atur Pencahayaan dan jarak aman dengan komputer

Bila Sahabat KMU adalah orang yang sering beraktivitas menggunakan komputer, maka hal ini harus menjadi perhatian penting. Pastikan, Anda mengatur pencahayaan komputer. Hal ini  bisa dilakukan dengan bantuan filter .

Kemudian, pastikan Anda sudah berada di jarak aman, yakni pada jarak 50 hingga 60 centimeter.

  • Istirahatkan mata (20:20)

Ingat saja 20:20, bila Sahabat KMU ingin terhindar dari mata lelah.
Saat menggunakan komputer atau membaca, baiknya Anda meluangkan waktu setiap 20 menit untuk beristirahat 20 detik. Karena itu, lebih mudah diingat dengan rumus 20:20 ya.

  • Kontrol pencahayaan ruangan

Jangan sampai, ruangan Anda memiliki pencahayaan yang sangat terang dan menyilaukan. Buat cahaya yang ideal agar kinerja menjadi lebih nyaman, dan mata tidak menerima banyak cahaya yang masuk.

  • Merawat mata

Ternyata kalian bisa mencegah mata lelah dengan memberinya perhatiannih Sahabat KMU. Bukan hanya doi yang butuh perhatian yah (ehem). Kalian bisa memulainya dengan menggunakan kompres air hangat atau obat tetes mata ketika mata terasa kering.

Ternyata mudah ya mencegah mata lelah ya Sahabat KMU. Tapi, bagaimana kalau Sahabat KMU sudah terlanjur mengalami mata lelah?

Tenang, Dokter Spesialis KMU Gresik, dr. Irma Suryani, SpM memiliki solusi untuk mengatasinya.
Ada 6 cara yang dapat mengatasi mata lelah, simak ulasannya:

  • Rileksasi tubuh

Kalian bisa sesekali merileksasi tubuh ketika merasa lelah. Misal, dengan meregangkan otot kaki, tangan, bahu dan tubuh. Bisa sesekali berdiri dan jalan-jalan kecil di ruangan. Hal ini bisa memberikan jeda pada aktivitas  mata.

  • Sering berkedip

Bila Anda sudah merasa lelah, termasuk mata yang sudah berair dan perih. Mulailah untuk sering berkedip. Beralihlah sejenak dari bacaan buku atau komputer Anda.

  • Pijat mata

Pijat mata bukan berarti dengan tenaga yang luar biasa ya Sahabat KMU. Bila mata sudah terasa lelah, baiknya mulailah menutup mata dan pijat bagian pelipis selama beberapa menit. Pijat dengan pelan dan tenang.

  • Benahi objek penglihatan

Bisa jadi, mata lelah karena pengaturan cahaya  ruangan dan kontras komputer yang kurang tepat. Bila dirasa belum benar, baiknya Anda segera memperbaiki hal tersebut. Kemudian alihkan pandangan sebentar.

  • Obat tetes mata

Bila mengedip-ngedipkan mata tak bisa membantu, sedangkan mata terasa semakin kering, maka Anda bisa menggunakan obat tetes mata. Kemudian tutuplah mata dan mengompresnya dengan air hangat.

  • Gunakan kacamata

Bila Anda pengguna kacamata, maka jangan lupa untuk menggunakannya saat beraktivitas. Karena, mata dengan permasalahan refraksi seperti mata minus, bisa membuat mata bekerja keras.

  • Tidur yang cukup

Hal ini penting loh Sahabat KMU. Untuk bisa mengatasi mata lelah, maka harus tidur secara teratur. Sebab, mata akan beriistirahat, mendapat nutrisi dan memperbaiki jaringan. Mengurangi jatah tidur, sama dengan mengganggu proses istirahat mata loh.

Jadi, jangan khawatir lagi ya kalau mata Anda sering gatal dan berair. Mungkin Anda hanya butuh istirahat sejenak dan memperbaiki aktivitas nih. Semoga bermanfaat.