Ishihara alat tes buta warna

Mengenal Buta Warna

Buta warna dapat menyulitkan atau bahkan membuat seseorang tidak mampu melakukan pekerjaan tertentu yang membutuhkan persepsi warna dalam tanggung jawabnya, seperti pilot karena banyak aspek penerbangan bergantung pada pengodean warna.

Prevalensi buta warna di Indonesia adalah 0,7% (Riskesdas 2007), sedangkan di Amerika Serikat pada tahun 2006 menurut Howard Hughes Medical Institute, terdapat 7% pria, atau sekitar 10,5 juta pria, dan 0,4% wanita tidak dapat membedakan merah dan hijau, atau mereka melihat merah dan hijau secara berbeda dibandingkan populasi umum. Sejumlah 95% gangguan buta warna terjadi pada reseptor warna merah dan hijau pada mata pria.

Faktor utama yang sampai saat ini dipercaya sebagai penyebab utama buta warna adalah faktor genetik yang sex-linked, artinya kelainan ini dibawa oleh kromosom X. Hal ini yang menyebabkan lebih banyak penderita buta warna laki-laki dibandingkan perempuan.

 

Pembuktian Buta Warna
Buta warna jarang menyebabkan masalah serius, namun dapat membuat orang tidak bisa menjalankan pekerjaan tertentu yang mewajibkan kemampuan membedakan warna, misalnya menjadi pilot pesawat terbang atau quality control perusahaan wiring harness.
Buta warna dapat dites dengan tes Ishihara yang menggunakan lingkaran-lingkaran berwarna yang dibuat dengan tulisan tertentu yang hanya dapat dilihat atau tidak dapat dilihat oleh penderita buta warna.
Tes Ishihara pertama kali dipublikasi pada tahun 1917 di Jepang dan terus digunakan di seluruh dunia, sampai sekarang. Tes buta warna Ishihara terdiri dari plat atau lembaran yang didalamnya terdapat titik-titik dengan berbagai warna dan ukuran. Titik tersebut membentuk lingkaran, warna titik itu dibuat sedemikian rupa sehingga orang buta warna tidak akan melihat perbedaan warna seperti yang dilihat orang normal.
Alat test Ishihara diakui dan digunakan secara internasional sebagai alat untuk penentuan gangguan penglihatan atau kebutaan warna, dimana alat test Ishihara mengalami penyempurnaan dan modifikasi dari waktu ke waktu, Alat test Ishihara terbaru berisi 38 plat pada tahun 2009 ini.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.