Mengenal Jenis dan Cara Penanganan Astigmatisme

mengenal astigmatisme

Astigmatisme merupakan kelainan refraksi dimana pembiasan pada meridian yang berbeda tidak sama. Dalam keadaan istirahat (tanpa akomodasi) sinar sejajar yang masuk ke mata difokuskan pada lebih dari satu titik.

Penyebab tersering dari astigmatisme adalah kelainan bentuk kornea. Pada sebagian kecil dapat pula disebabkan kelainan lensa

 

Pembagian Astigmatisme

1. Astigmatisme Reguler

Pada bentuk ini selalu didapatkan dua meridian yang saling tegak lurus. Disebut Asigmatism with the rule bila meridian vertikal mempunya daya bias terkuat. Bentuk ini lebih sering pada penderita muda.

Disebut Asigmatism against the rule bila meridian horisontal mempunyai daya bias terkuat. Bentuk ini lebih sering pada penderita yang lebih tua. Kelainan refraksi ini dapat dikoreksi dengan lensa silinder.

2. Astigmatisme Ireguler

Pada bentuk ini didapatkan titik fokus yang tidak beraturan. Penyebab tersering adalah kelainan kornea seperti sikatriks kornea, keratokonus. Bisa juga disebabkan kelainan lensa seperti katarak imatur.

Kelainan refraksi seperti ini tidak bisa dikoreksi dengan lensa silinder.

 

Cara Penanganan Astigmatisme

  1. Astigmatisme reguler, diberikan kacamata sesuai kelainan yang didapatkan, yaitu dikoreksi dengan lensa silinder negatif atau positif dengan atau tanpa kombinasi lensa sferis.
  2. Astigmatisme Ireguler, bila ringan bisa dikoreksi dengan lensa kontak keras, tetapi bila berat bisa dilakukan transplantasi kornea.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

× Hubungi Kami