Merokok, Faktor Resiko Terkuat AMD

Asap rokok merupakan faktor risiko terkuat, menurut studi epidemiologi yang telah dilakukan ( Smith et Al.2011 ). Merokok dikaitkan dengan kerusakan oksidatif selama fase awal dari AMD. Merokok juga diyakini bisa meningkatkan resiko kebutaan akibat AMD.

Sebuah studi menunjukkan, bahwa seorang perokok berisiko 4 kali lebih besar mengalami kebutaan akibat AMD atau penurunan kemampuan melihat pada usia lanjut dibanding yang tidak merokok.

Bahkan menurut laporan kesehatan, pada 5000 pasien dari mereka memiliki penyakit mata yang secara langsung diakibatkan karena merokok.

Zat nikotin yang terkandung dalam rokok memiliki racun yang mampu merusak sel optik dimana konsumsi secara terus menerus akan menyebabkan kerusakan dan kelumpuhan pada organ penglihatan.

Tidak hanya itu, merokok juga dapat mengoksidasi kadar kolesterol sehingga menimbulkan penumpukan lemak di arteri serta tingkat karotenoid dalam kadar vitamin C dalam darah pun berkurang. Hal inilah yang kemudian menyebabkan serangan jantung, stroke, dan tentunya degenerasi makula tersebut.(*)

#rokok #rokokindonesia #klinikmata #klinikmatautama #eyeclinic #eyecenter#katarak #katarakcenter #dokter #doktermata #beyondophthalmologist#kmuEDU #sehat #healtylifestyle #indonesiasehat