Sering Dianggap Biasa, Hindari Lakukan 3 Hal Ini Saat Mata Kelilipan

Apa Sahabat KMU pernah mengalami mata kelilipan?
Rasanya hal ini menjadi sesuatu yang biasa dna kerap ditemui dalam kehidupan sehari-hari.

Namun sayangnya, banyak tindakan yang kurang tepat justru dianggap biasa oleh masyarakat dalam melalukan penanganan pada mata kelilipan ini.

Apa saja hal yang dianggap biasa namun berbahaya bagi mata ini?
Dokter Spesialis Mata KMU dr.Irma A Pasaribu, SpM akan berbagi, apa saja hal-hal yang justru membahayakan bila kita lakukan untuk menangani mata kelilipan.

1. Menggosok atau mengucek mata

Mungkin bagi sebagian besar masyarakat, melakukan hal ini adalah tindakan yang melegakan dan dianggap menyelesaikan masalah.
Namun, banyak orang tak mengetahui rsiko besar dibalik tindakannya ini.
dr, Irma menjelaskan, tindakan menggosok atau mengucek mata ini dapat berisiko melukai kornea. Akibatnya, mata akan timbul rasa nyeri dan sakit yang berlebih.

2. Merendam mata

Sahabat KMU mungkin sering mendengar perintah untuk segera merendam mata ketika kemasukan benda asing atau mata kelilipan?

Faktanya, merendam mata memiliki risiko berbahya yang justru bisa memperparah kondisi mata.
Mengapa demikian?
Karena kita tidak pernah mengetahui, berapa besar kandungan pH dalam air. Misal, pH di dalamnya apakah asam atau basa?

Terlebih,banyak mitos untuk merendam mata dengan air rebusan sirih. Hal ini justru berbahaya ya, karena kandungan pH yang belum diketahui.

Tindakan yang tepat adalah membersihkannya dengan air bersih yang mengalir kurang lebih selama 20 menit.

3. Memaksa mengambil benda asing pada mata
Benda asing apa saja yang sudah kalian uji cobakan untuk mengambil benda penggangu dalam mata?
Apakah Kapas?

  • Tisu
  • Cootton bud
  • Kertas
  • Bahkan rambut

Benda-benda itu sangat tidak disarankan ya Sahabat KMU. Selain tidak diketahui kebersihannya, benda dengan permukaan yang kasar tersebut, dapat melukai mata dan berisiko menimbulkan infeksi atau luka yang berbahaya.

Bagaimana? Apakah Sahabat KMU pernah melakukan satu diantaranya? Atau justru hamper sebagian besar sudah pernah dilakukan?

Setelah membaca artikel ini, baiknya kalian sudahi hal tersebut ya.
Bila memang mengalami mata kelilipan, maka baiknya kalian segera memberi tindakan yang tepat. Kalian bisa dapatkan tips menangani mata kelilipan dengan baik di sini.

#operasikatarak #katarak #kesehatanmata #KMU #Klinikmatautama #KlinikmataKMU #BPJSK #BPJSKesehatan #katarak #BPJS #klinikmata #dokter #doktermata #eyeclinic #eyecenter #eyelink #katarak #katarakcenter #beyondophthalmologist #gresik #lamongan #tuban #bojonegoro #bangkalan #sidoarjo #infoKMU #Kesehatanmata #Matasehat #klinikmata #tipsmatasehat #TipsKMU #jagajarakpandang #kesehatanmata #doktermata #SpM #doktermataindonesia #matakelilipan #tipsmata #tipsKMU

Read More

Kapan Terakhir Kontrol Mata? Inilah 11 Waktu Tepat Untuk Memeriksakannya

Apakah Anda termasuk golongan orang yang baru datang ke rumah sakit atau klinik mata, ketika menemukan masalah pada mata?

Atau justru, ketika mata menunjukkan tanda yang bahaya, barulah Anda berkunjung ke fasilitas kesehatan?

Bila hal ini kerap kali dilakukan, tidak menutup kemungkinan Anda akan menemukan situasi yang berat atau bahkan masalah atau gangguan mata dalam kondisi sangat gawat.

Karena itu, tes mata atau melakukan kontrol kesehatan mata secara rutin adalah cara efektif untuk menghidari gangguan mata yang berbahaya.

Pentingkah melakukan tes kesehatan mata?

Tentunya penting.
Dokter Spesialis Mata KMU dr. Ruchyta Ranti, SpM menuturkan, tes mata dan periksa kesehatan mata tidak hanya ditujukan pasien dengan masalah pada penglihatan. Tes mata ini dapat mendeteksi berbagai penyakit mata sebelum merasakan gejala yang mungkin saja mengganggu aktivitas.

Perlu diketahui, terdapat masalah pada mata yang tidak memiliki gejala atau tanda-tanda yang tidak jelas. Terutama pada tahap awal.

Itu sebabnya, mengapa tes mata menjadi suatu hal yang sangat penting. Apabila diagnosis sudah diketahui sejak dini, maka pengobatan yang tepat dan cepat, tentunya memberikan dampak yang lebih baik.

Kapankah waktu yang tepat untuk tes mata?

Intensitas seseorang melakukan tes mata ditentukan oleh beberapa faktor seperti usia, kondisi kesehatan, dan risiko terhadap suatu masalah pada mata. Ternyata ada waktu-waktu yang tepat dalam melakukan pemeriksaan mata secara rutin.

Berikut ini, 11 jadwal atau waktu periksa mata secara rutin yang disarankan oleh Dokter Spesialis Mata KMU dr. Ruchyta Ranti, SpM, agar kesehatan mata terpelihara dengan baik:

  1. Bayi usia 6-8 minggu
    Pemeriksaan mata si kecil terkait penglihatan melalui objek menarik, berwarna-warni, atau wajah seseorang.

  2. Bayi usia 2-3 bulan
    Pemeriksaan pada waktu ini, bertujuan untuk mengetahui, apakah anak dapat meraih barang yang mereka lihat.
  3. Bayi usia 3-5 bulan
    Di usia ini, harusnya anak bisa menirukan ekspresi wajah dan memerhatikan berbagai hal yang dekat.

  4. Bayi usia 6-12 bulan
    Melakukan pemeriksaan fokus penglihatan, yakni pada hal-hal yang dekat dan jauh, termasuk dapat memerhatikan foto dan gambar.

  5. Anak usia di bawah 3 tahun
    Pada rentang usia ini, anak akan diperiksa untuk mengetahui masalah mata paling umum seperti lazy eye (mata malas) dan mata juling, 

  6. Usia 3 hingga 5 tahun
    Mulai dilakukan pemeriksaan mata pada anak lebih menyeluruh.

  7. Memasuki usia sekolah
    Pada era seperti sekarang, usia sekolah rawan dengan gangguan refraksi pada anak. Diusia ini, anak harus diperiksa penglihatan sebelum masuk kelas satu sekolah dasar (1 SD). Sebab, ketika anak memiliki gangguan refraksi namun tidak diketahui dan melakukan kegiatan belajar mengajar dengan kondis mata yang kurang baik. Hasil belajar pun tidak maksimal dan mempengaruhi kualitas belajarnya di sekolah.

    Apabila tidak ditemukan gejala gangguan refraksi mata dan tidak ada riwayat keluarga dengan masalah penglihatan, maka tes mata dapat dilakukan berulang setiap satu atau dua tahun sekali. Atau lakukan pemeriksaan kesehatan mata sesuai anjuran dokter mata.

  8. Usia 20-an dan 30-an
    Idealnya pemeriksaan mata dilakukan setiap 5 sampai 10 tahun untuk dilakukan tes mata menyeluruh. Sebab, kondisi mata bisa mengisyaratkan suatu penyakit lain.
    Sehingga, dengan mengetahui kondisi mata terkini, kita juga bisa mengetahui risiko penyakit yang tadinya malah belum diketahui.

  9. Usia 40 hingga 54 tahun
    Pemeriksaan mata secara rutin dapat dilakukan setiap 2 hingga 4 tahun sekali.

  10. Usia 55-64 tahun
    Pemeriksaan rutin pada rentang usia ini, dapat dilakukan setiap 1 hingga 3 tahun sekali.

  11. Usia di atas 65 tahun
    Pada usia ini, justru baiknya dilakuka pemeriksaan lebih rutin. Yakni, setiap 1 atau 2 tahun sekali.

Fakta yang perlu diingat, pemeriksaan atau tes mata baiknya sering dilakukan ketika seseorang menggunakan kacamata atau lensa kontak. Termasuk bagi orang yang memiliki penyakit kronis dengan risiko memunculkan penyakit mata, contohnya penyakit diabetes. Terlebih bagi orang yang memiliki riwayat penyakit mata dalam keluarga, harusnya memiliki intensitas periksa mata yang lebih sering.

Karena itu, jangan ragu untuk menanyakan berbagai hal dan waktu yang tepat untuk melakukan pemeriksaan mata pada dokter mata Anda. Karena mata sehat berasal dari kemauan diri dalam menjaganya. Periksa mata rutin mulai sekarang yuk!

Read More

Jarak Makassar-Gresik Tak Halangi dr. Rachmi Menimba Ilmu di KMU

Wah, ternyata jarak antara Makassar – Gresik, tak membuat dr. Andi Rachmi Patompo, SpM pantang menyerah dalam menimba ilmu di Klinik Mata Utama (KMU) nih.
Tepatnya untuk mengikuti Phacoemulsification Wetlab yang diadakan oleh KMU.

.

.
Selain membawa banyak manfaat di akhir pekannya, dr. Rachmi ternyata mendapatkan pelatihan langsung dari dr. Diaz Alamsyah S, SpM.
Yuk, simak apa kata dr. Rachmi tentang Phacoemulsification Wetlab yang ia ikuti.. #KMU #Klinikmatautama #KlinikmataKMU #BPJSK #kesehatanmata #BPJSKesehatan #katarak #BPJS #klinikmata #dokter #doktermata #eyeclinic #eyecenter #eyelink #katarak #katarakcenter #beyondophthalmologist #gresik #lamongan #tuban #bojonegoro #bangkalan #sidoarjo
#Inspirasi #motivasi #hidupsehat #inspirasiKMU #motivasiKMU #KMUEdu #phacoemulsifikasi #trainingphacoemulsifikasi #SpMMakassar #doktermataMakassar

Read More

Rombongan Umrah KMU Diberangkatkan Hari Ini

Hari ini (7/10/2019), rombongan umrah keluarga besar Klinik Mata Utama (KMU) berangkan menuju Tanah Suci.
.

Tahun ini, Klinik Mata Utama (KMU) memberangkatkan 6 orang dari Manajemen KMU untuk melakukan ibadah Umrah ini.
Ibadah Umrah ini akan dilangsungkan hingga 17 Oktober mendatang.
Semoga ibadah keluarga besar kami dilancarkan dan membawa banyak manfaat. .
.

#KMU#Klinikmatautama#KlinikmataKMU#BPJSK#kesehatanmata#BPJSKesehatan#katarak#BPJS#klinikmata#dokter#doktermata#eyeclinic#eyecenter#eyelink#katarak#katarakcenter#beyondophthalmologist#gresik#lamongan#tuban#bojonegoro#bangkalan#sidoarjo#umrahKMU#Umrah#ibadahUmrah#Inspirasi#motivasi#hidupsehat#inspirasiKMU#motivasiKMU

Read More

Berbagi ilmu di hari libur?? Kenapa tidak

Jadi hari libur kalian kemana saja hari ini?
Atau ngapain saja??
.
.
Kali ini hari libur Dokter Spesialis Mata KMU akan menjadi berbeda dan membawa manfaat ini.
Tepatnya di hari Minggu (6/10/2019)
dr. Diaz Alamsyah S, SpM dari KMU menjadi instruktur bagi dr. Andi Rachmi Patompo, SpM, dalam Phacoemulsification Wetlab.
.
Dokter Diaz membimbing dokter Andi Rachmi, untuk mendalami teknik operasi Phacoemulsification.
Untuk mengingatkan kembali, kegiatan Phacoemulsification Wetlab ini merupakan salah satu program kursus dari KMU Edu ya.
.
Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari training phacoemulsifikasi, dengan memberikan pendampingan terhadap setiap dokter yang mendalami operasi teknik phacoemulsifikasi ini.
.
.
Semoga ilmu ini membawa manfaat untuk banyak dokter yang tentunya membawa manfaat untuk banyak pasien.
#KMU#Klinikmatautama#KlinikmataKMU#BPJSK#kesehatanmata#BPJSKesehatan#katarak#BPJS#klinikmata#dokter#doktermata#eyeclinic#eyecenter#eyelink#katarak#katarakcenter#beyondophthalmologist#gresik#lamongan#tuban#bojonegoro#bangkalan#sidoarjo
#Inspirasi#motivasi#hidupsehat#inspirasiKMU#motivasiKMU#KMUEdu#phacoemulsifikasi#trainingphacoemulsifikasi

Read More

Sekarang, Pakai Asuransi Admedika Bisa Manfaatkan Layanan KMU

Dengan Asuransi Admedika, Sahabat KMU bisa memanfaatkan layanan kesehatan mata di Klinik Mata KMU Gresik dan Bojonegoro.
.
.
Kerjasama KMU dengan asuransi Admedika ini, bertujuan untuk menyebar manfaat yang lebih banyak dan semakin dekat dengan jangkauan masyarakat.
.
.
Jadi, mulai sekarang
Manfaatkan asuransi Admedika kalian untuk periksa di KMU
Semoga sehat selalu
Jangan lupa melihat dunia dengan bahagia.
.

#KMU#Klinikmatautama#KlinikmataKMU#Periksapraktis#daftaronlineKMU#KMUOnline#BPJSK#kesehatanmata#KMUBojenegoro#KMUGresik#asuransiadmedika#asuransikesehatan#asuransimata#BPJSKesehatan#katarak#BPJS#klinikmata#dokter#doktermata#eyeclinic#eyecenter#eyelink#katarak#katarakcenter#beyondophthalmologist#gresik#lamongan#tuban#bojonegoro#bangkalan#sidoarjo

Read More

Selamat, Dokter Mata KMU Terlibat dalam Organisasi Level International

Selamat untuk Dokter Spesialis Mata KMU dr. Danti Ayu Irawati, SpM. KMU patut berbangga nih atas terpilihnya dr. Danti sebagai salah satu penerima APACRS Travel Grants 2019.
.
Semoga dengan keterlibatan dr. Danti di level Internasional ini bisa membawa banyak manfaat bagi kita semua.
.
– Semoga menginspirasi –
.
#Klinikmatautama#KlinikmataKMU#KMUedu#klinikmata#klinikmataKMU#doktermata#ophthalmologist#beyondophthalmologist#eyeclinic#eyecenter#katarakcenter#phacoemulsification#phacoworkshop#kyoto#APACRS2019#APACRSkyoto#japan

Read More

Periksa di KMU Bisa Online, Begini Cara Daftarnya

Buat Sahabat KMU yang bosan menunggu kalau lagi antri
Sekarang jangan bosan-bosanan lagi ya..


Karena untuk periksa di Klinik Mata Utama, kalian bisa melakukan pendaftaran secara online nih.
Langsung ikuti langkah-langkah pendaftaran online di video ini ya.


Periksa di KMU sekarang, bisa pantau antrian dari rumah nih
Jadi gimana? Lebih praktis bukan?

Semoga sehat selalu dan lekas sembuh 😊

#KMU#Klinikmatautama#KlinikmataKMU#Periksapraktis#daftaronlineKMU#KMUOnline#BPJSK#BPJSKesehatan#katarak#BPJS#klinikmata#dokter#doktermata#eyeclinic#eyecenter#eyelink#katarak#katarakcenter#beyondophthalmologist#gresik#lamongan#tuban#bojonegoro#bangkalan#sidoarjo

Read More

5 Tindakan Tepat, Tangani Mata Karena Benda Asing

Pasti diantara Sahabat KMU, ada yang langsung mengucek-ngucek mata atau melakukan tindakan yang justru berbahaya ketika mata terkena benda asing, atau yang biasa disebut dengan istilah ‘kelilipan’

Hati-hati ya, jangan-jangan tindakan yang kalian lakukan justru membahayakan mata tuh. Eh, tapi ada juga nih benda asing besar yang bisa nyasar ke mata loh. Karena itu, butuh tindakan yang tepat ya untuk penanganan awal. Karena itu, lakukan tips KMU nih dulu ya Sahabat KMU

#Klinikmatautama #KMU #Matakelilipan #tipskesehatanmata #carabersihkanmata #TipsKMU

Read More

KMU VIP bisa hemat waktu

Untuk Sahabat KMU yang punya waktu terbatas tapi cinta kesehatan mata
Klinik Mata Utama punya solusi, biar kalian bisa hemat waktu + mata tetap sehat nih.
Apakah itu???


Yap, layanan VIP KMU bisa jadi pilihan paling pas biar kalian bisa tetap konsultasi, periksa dan dapat tindakan dengan waktu yang lebih HEMAT.
Daripada harus membuang-buang waktu untuk antrian panjang, di VIP KMU, kalian bisa hemat waktu tanpa antri dengan pasien lain nih.


Jadi mulai sekarang ga perlu bingung, alias maju-mundur mau periksa mata, karena kendala waktu dan takut ngantri ya.
Untuk informasi lebih lanjut, kalian bisa langsung datang ke KMU atau menghubungi kami melalui kontak di berbagai media sosial ya.
Kami tunggu, dan semoga sehat selalu J #klinikmatautama #klinikmataKMU #VIPKMU #Periksamatahemat #matasehat #klinikmataVIP

Read More
× Hubungi Kami