Obstruksi duktus nasolakrimal

Obstruksi duktus nasolakrimal adalah penyumbatan yang terjadi duktus nasolakrimalis (saluran yang mengalirkan air mata dari kantong air mata sampai ke hidung). Akibatnya, akan mengganggu sistem aliran/drainase air mata. Sehingga menimbulkan beberapa keluhan pada penderita nya. .

Keluhan yang sering dialami diantaranya mata berair , air mata yang berlebih pada bagian pinggiran kelopak mata, adanya kotoran mata yang berulang serta dapat mengakibatkan infeksi pada mata.

Penyumbatan saluran nasolakrimal ini dapat terjadi sejak lahir (kongenital) atau didapat (akibat infeksi, peradangan, adanya massa, trauma, dan mekanik). .

Kebanyakan kasus obstruksi duktus nasolakrimal kongenital (±80-90%) akan sembuh sendiri tanpa intervensi apapun hingga berusia 10-12 bulan. .

Penatalaksanaan sumbatan duktus nasolakrimalis dapat diawali dengan observasi, pemijatan pada area kantung air mata (saccus lacrimal), pemberian obat tetes sampai tindakan operasi, tergantung dari kondisi dan hasil pemeriksaan dari tenaga medis. .

#eye #eyeclinic #eyelink #eyecenter#katarak #katarakcenter #klinikmata#klinikmatautama #rsmata #dokter#doktermata #beyondophthalmologist#lamongan #gresik #tuban #bojonegoro#sidoarjo #bangkalan