Operasi Katarak, Tak Lagi Menakutkan

“Sampai saat ini operasi katarak masih menjadi hal yang menakutkan bagi sebagian orang. Namun dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, maka operasi katarak tidak lagi menakutkan.”

Hal itu dikarenakan ada alat dengan teknologi modern yang membuat operasi katarak dapat dilakukan dengan teknik Phacoemulsifikasi dan tanpa membuat sayatan lebar, sehingga operasi menjadi cepat, mudah, dan aman tanpa jahitan. Jika dengan operasi yang lama, sayatan bisa mencapai 6mm, bahkan lebih. Namun dengan operasi dengan teknik terbaru, dilakukan hanya dengan sayatan 3mm, bahkan lebih kecil dari itu.

Selain itu, operasi katarak yang awalnya dilakukan dalam hitungan jam, kini bisa dalam hitungan menit, selesai.

Apa yang di maksud dengan Teknik Phaco Emulsifikasi?

Phaco-emulsifikasi adalah teknik operasi katarak yang paling canggih saat ini. Teknik operasi ini menggunakan irisan yang sangat kecil (kurang dari 3mm) pada sisi kornea. Alat fakoemulsifikasi digunakan untuk melunakkan (emulsifikasi) dan mengeluarkan lensa kontak pada saat yang bersamaan. Setelah itu, lensa intra-okuler (IOL) yang dapat dilipat dimasukkan kedalam mata. Setelah operasi, pasien dapat beraktifitas kembali tanpa menutup mata.

Operasi selesai tanpa memerlukan jahitan. Waktu operasi biasanya kurang dari 30 menit.

Kelebihan operasi katarak dengan Teknik Phaco Emulsifikasi

Beberapa kelebihan dari operasi katarak dengan menggunaka teknik Phaco Emulsifikasi yaitu:

  1. Sayatan sangat kecil (± 2,2 mm)
  2. Proses cepat (± 15 menit)
  3. Tanpa Jahitan
  4. Pasien dapat langsung pulang setelah operasi
  5. Perawatan dan pemulihan lebih cepat (± 2-5 hari)
  6. Dapat dilakukan pada semua tikatan katarak
  7. Mengurangi rasa nyeri, ngeres dan ketidaknyamanan setelah operasi

Phaco-Emulsifikasi adalah teknik operasi katarak yang paling canggih saat ini. Teknik operasi ini menggunakan irisan yang sangat kecil (kurang dari 3mm) pada sisi kornea.

× Hubungi Kami