Pengaruh Minus Tinggi Terhadap Persalinan Normal

         Kehamilan adalah suatu Anugrah yang diberikan kepada setiap pasangan suami-istri. Kehadiran calon buah hati menjadi yang paling diidamkan dalam keluarga. Namun, kehamilan banyak terjadi perubahan yang dialami selain pada perubahan fisik wanita hamil juga berkaitan langsung dengan perubahan hormonal yang terjadi umum dan normal pada setiap ibu yang sedang mengandung janin anaknya. Sebagian besar hal yang ditakutkan adalah seorang ibu yang memiliki minus yang cukup tinggi karena ditakutkan akan berpengaruh pada proses persalinan ketika sudah menginjak masa umur kehamilan lebih dari usia 6 bulan.

     Sebagian dokter berpendapat bahwa jika minus lebih dari 5 Dioptri maka akan beresiko tinggi pada saat proses persalinan normal, namun berbeda halnya dengan dokter Spesialis Mata di Klinik Mata Utama, dr. Neni Daniati, Sp.M yang mengatakan bahwa, “Berdasarkan jurnal dan beberapa penelitian yang saya pelajari, jika dilihat berdasarkan kekuatan lensa memfokuskan objek, ukuran miopia dibedakan menjadi miopia derajat rendah (hingga 3.0 Dioptri), miopia derajat sedang (3.0-6.0 Dioptri), dan miopia derajat tinggi (6.0 Dioptri atau lebih). Biasanya sering terjadi tanda-tanda lepasnya retina ketika mengejan adalah pada miopia derajat sedang, karena berhubungan dengan aksial bola mata. Penyebab lepas atau sobeknya retina bisa disebabkan karena kondisi retina mata ibu yang tipis sehingga sangat mudah sekali sobek. Kedua, adanya gel cairan di dalam bola mata yang meresap ke dalam lubang yang berada di area retina sehingga bisa mudah terlepas. Namun, biasanya semua itu tergantung dari dokter kandungan yang menangani secara langsung untuk memperbolehkan atau tidak pada saat persalinan normal”.

           Untuk mengurangi rasa kekhawatiran akan resiko-resiko yang terjadi ada baiknya bila sang ibu rutin untuk memeriksakan dan mengkonsultasikan dengan dokter spesialis mata dan dokter kandungan, dan jika ada risiko robeknya retina, konsultasikan pula dengan dokter kandungan untuk menemukan apa cara terbaik untuk melahirkan. Jangan melakukan pengobatan alternatif yang tidak jelas untuk menghindari hal-hal buruk, dan perbanyak mengkonsumsi makanan yang bergizi dan pelatihan nafas untuk mengurangi mengejan ketika mata dalam kondisi minus.

Artikel oleh: Klinik Mata Utama Gresik

× Hubungi Kami