Pentingnya Menjaga Kesehatan bagi Lansia

Seiring dengan bertambahnya usia, maka kemampuan mata untuk melihat dengan baik juga semakin berkurang. Oleh karena itu, para lansia atau orang lanjut usia biasanya banyak mengalami masalah dengan matanya. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menjaga kesehatan mata adalah:

  1. Menggunakan kacamata. Cahaya matahari yang kuat dapat merusak mata dan meningkatkan resiko terjadinya katarak. Dengan menggunakan kacamata atau lensa kontak yang mempunyai lapisan UV-filter dapat melindungi mata terhadap sinar matahari yang membahayakan
  2. Berhenti Merokok. Merokok dapat meningkatkan rasiko untuk mengalami katarak dan denegerasi makula akibat usia
  3. Gunakan pencahayaan dengan baik
  4. Olahraga teratur
  5. Tidur yang cukup
  6. Pentingnya melakukan pemeriksaan mata secara teratur. Melalui pemeriksaan mata secara teratur dan menggunakan lensa kacamata yang tepat, tidak hanya bermanfaat untuk meningkatkan keseimbangan, kordinasi dan pergerakan anggota tubuh tetapi juga dapat menjaga kesehatan mata secara umum.
  7. Menggunakan lensa yang tepat. Sangat penting untuk menggunakan lensa yang tepat, karena dapat meningkatkan penglihatan dan juga meningkatkan kualitas hidup serta mengurangi resiko terjadinya kecelakaan akibat penglihatan yang kurang jelas.

Sumber :nhs.uk