Tahukah Anda Tentang Gawat Darurat Mata? Kenali 3 Klasifikasinya

Tahukah kalian, ternyata ada masa dimana  mata dalam kondisi gawat darurat nih. Kondisi ini bisa dibilang masuk dalam kondisi kegawatdaruratan mata.

Apa sih yang dimaksud dengan kegawatdaruratan mata?

Dokter Spesialis Mata KMU Gresik, sekaligus Dierktur Utama KMU dr. Uyik Unari, SpM(K) menjelaskan, bahwa kegawatdaruratan ini merupakan keadaan yang mengancam tajam penglihatan seseorang.
Hal ini berupa penurunan tajam penglihatan hingga terjadi kebutaan.

Lantas, kapankah mata disebut dalam kondisi yang gawat darurat?
Dr Uyik menyebut, terdapat 3 klasifikasi yang perlu Sahabat KMU ketahui.
Yakni, kondisi kegawatdaruratan mata yang sangat gawat, gawat dan semi gawat.

– Sangat Gawat

Kondisi ini adalah, kondisi dimana mata perlu dilakukan tindakan dalam waktu yang cepat. Harus segera dilakukan penanganan, bisa dalam waktu beberapa menit .
Bila terlambat ditangani, maka akan terjadi kebutaan.

Gawat

Sedangkan dalam kondisi ini, mata harus segera ditangani dalam hitungan waktu beberapa jam.
Karena itu, butuh waktu cepat menyadari masalah ini dan sesegera mungkin melakukan tindakan atau mendatangi fasilitas kesehatan yang tepat.

Semi Gawat

Untuk kondisi ini, masa tindakan pada mata bisa menunggu sampai beberapa hari atau minggu. Meski demikian, penanganan tercepat adalah yang terbaik.

Sahabat KMU, harus mengetahui terlebh dahulu bahwa ada kondisi mata yang butuh tindakan cepat dan kondisinya termasuk gawat darurat.

Jadi, sekarang sudah tahu ya? Tetap rawat dan pastikan mata kita dalam kondisi sehat dengan cara memeriksakannya secara rutin. Kalian bisa mengunjungi Klinik Mata Utama, untuk melakukan cek kesehatan mata dan penanganan yang terbaik.