Yuk Segera Periksakan Mata Juling Anda

Kapan mata juling ditangani lebih lanjut?

Mata juling atau strabismus merupakan penyakit mata di mana mata tidak dapat fokus kepada satu benda secara bersamaan. Kondisi ini sebagian besar banyak terjadi pada anak-anak dan berakibat dapat merusak estetika penampilan seseorang.
Juling pada mata anak, ada yang mengarah ke luar (divergen) dan ada yang mengarah ke dalam (konvergen). Juling pada mata anak juga bisa terjadi dengan kondisi bola mata tidak sejajar, ada yang lebih tinggi dan ada yang lebih rendah. Strabismus juga dapat menyebabkan intensintas penglihatan menjadi berkurang, sehingga memunculkan dampak mata malas (ambliophia) pada anak ke depannya.
Bila ditemukan ambliopia atau mata malas, maka harus dilakukan terapi.

Hal itu dilakukan dengan menutup mata yang baik untuk memaksa anak menggunakan matanya yang malas (terapi oklusi atau patching). Bila tajam penglihatan pada mata yang menyimpang sudah menjadi normal, maka anak telah menggunakan kedua mata secara seimbang dan juling akan terlihat bergantian pada kedua mata.

Bila penglihatan mata yang malas telah membaik, baru dilakukan operasi juling untuk mengembalikan kedudukan bola mata. “Peluang berkembangnya penglihatan binokular juga tercapai bila juling ditangani pada anak usia dini.

Pada kasus-kasus tertentu, dapat dilakukan terapi dengan cara latihan orthoptic beberapa kali dengan alat synoptophore.

Kapan sebaiknya dilakukan operasi juling? pada anak dengan juling konstan, operasi sebaiknya dilakukan bila penglihatan pada kedua mata telah seimbang sehingga penglihatan binokular dapat berkembang.
Pada anak dengan juling yang hilang timbul, operasi juling tidak harus dilakukan segera karena anak masih memiliki penglihatan binokular pada sebagian waktu. Yaitu saat anak tidak terlihat juling. “Pada orang dewasa, bila juling telah terjadi sedemikian lama atau sejak kecil dan tidak mungkin mendapatkan penglihatan binokular, maka operasi dilakukan untuk tujuan memperbaiki penampilan.” #KMUedu#klinikmatakmu#KMU#klinikmatautama#eyeclinic#eyecenter#eye#katarak#katarakcenter#matajuling#penyakitmata#beyondophthalmologist#gresik#lamongan#bojonegoro#tuban